Selasa, 25 September 2012

Kebutuhan zat gizi selama kehamilan

Tujuan penatalaksanaan gizi wanita hamil merupakan untuk meraih status gizi ibu yang maksimal hingga ibu melakukan kehamilan dengan safe, melahirkan bayi dengan potensi fisik serta mental yang baik.  

Trimester i 
pada awal kehamilan ( trimester i ) mual serta muntah kerap dialami wanita atau disebut morning sickness. mual serta muntah pada awal kehamilan terkait dengan pergantian kandungan hormonal pada tubuh wanita hamil. pada waktu hamil terjadi kenaikan kandungan hormone chorionic gonadotropin ( hcg ) yang datang dari plasenta. hcg meningkat produksinya pada tiga bln. pertama kehamilan serta turun kembali sesudah bln. keempat, hingga pada kehamilan memasuki bln. keempat rasa mual telah mulai berkurang. 

Mual serta muntah yang berlebihan pada kehamilan trimester i disebut hiperemesis gravidarum. sinyal tanda hiperemesis gravidarum merupakan berat badan turun 2, 5-5 kg atau lebih, tidak bisa menelan makanan atau minuman sepanjang 24 jam, air kencing berwarna gelap atau pekat, muntah kerap ( tiap-tiap jam atau lebih ), mual hebat hingga senantiasa muntah waktu makan. bahaya hiperemesis gravidarum merupakan terjadi dehidrasi serta kekurangan konsumsi nutrisi, butuh perawatan di rs untuk memperoleh nutrisi dari infus sepanjang sekian hari sampai tanda-tanda mereda. pada kehamilan trimester i umumnya terjadi peningkatan berat badan yang tidak berarti yakni lebih kurang 1-2 kg. keperluan daya pada trimester i meningkat dengan sekurang-kurangnya. who menganjurkan menambahkan daya 100 kkal untuk trimester i.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar